Cara Mengecat Tembok dengan Baik dan Benar

Cara mengecat tembok dengan baik dan benar adalah sekumpulan tips menarik yang bisa menjadi panduan Anda dalam mengecat cat tembok rumah Anda sendiri. Rumah baru Anda telah saja selesai di bangun dan Anda ingin mengecatnya. Sebelum Anda mengecat tembok rumah sebaiknya Anda perhatikan dulu mengetahui terlebih dahulu cara mengecat tembok dengan baik dan benar yang akan di bahas pada artikel ini. Karena mengecat tembok rumah terdengar seperti hal yang sepele namun ada beberapa tips dan teknik mengecat rumah yang harus Anda kuasai terlebih dahulu sebelum mengecat tembok rumah Anda.

alat-mengecat-dindingTentunya Anda mengecat tembok rumah untuk mempercantik rumah Anda bukan? Namun apa jadinya kalau Anda mengecat tembok rumah dengan berantakan karena tidak menguasai tekniknya serta tidak memperhatikan hal-hal yang penting dilakukan sebelum mengecat rumah. Hasilnya tentu saja tidak maksimal malah membuat rumah Anda terlihat seperti mimpi buruk akibat mengecat tembok rumah secara berantakan.

Berikut ini adalah cara mengecat tembok dengan baik dan benar sebagai panduan anda dalam mengecat tembok rumah:

Mempersiapkan Peralatan Mengecat
Cara mengecat tembok dengan baik dan benar yang pertama adalah mempersiapkan peralatan mengecat. Siapkan peralatan mengecat Anda  secara lengkap mulai dari cat tembok dengan warna yang telah Anda tentukan sampai dengan kuas yang akan Anda gunakan.

Membersihkan Tembok
Cara mengecat tembok dengan baik dan benar yang selanjutnya adalah membersihkan tembok. Bersihkan tembok Anda terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dari debu, kotoran atau jamur. Jika Anda menemukan permukaan tembok yang tidak rata sebaiknya ditambal terlebih dahulu.

Mengosongkan Ruangan yang Akan di Cat
Cara mengecat tembok dengan baik dan benar yang berikutnya adalah mengosongkan ruangan yang akan di cat. Kosongkan terlebih dahulu ruangan yang akan dicat dari barang-barang atau furniture yang ada agar tidak terkena cat. Jika Anda tidak mau repot-repot memindahkan barang-barang atau furniture tersebut tutupi saja dengan kain atau plastik sehingga tidak terkena cat.

Mengecat Lapisan Dasar
Mengecat permukaan pertama tembok atau lapisan dasar merupakan cara mengecat tembok dengan baik dan benar yang harus Anda perhatikan. Catlah tembok Anda dengan warna cat yang netral sebagai lapisan dasar. Biasanya untuk lapisan dasar menggunakan warna cat yang netral seperti putih atau warna yang lebih muda dari warna cat yang telah Anda tentukan untuk mengecat tembok. Setelah mengecat lapisan dasar tunggulah sekitar satu atau dua jam.

Mengecat Lapisan Utama
Cara mengecat tembok dengan baik dan benar yang terakhir adalah mengecat lapisan utama. Catlah lapisan utama tembok Anda dengan secara zig-zag menggunakan rol cat sampai rata. Biarkan dua sampai tiga jam lagi sampai kering. Kemudian cat lagi sampai rata sehingga hasilnya terlihat bagus dan juga rata. Usahakan warna pada setiap permukaan tembok sama rata. Jika ada yang tidak sama rata segeralah cat bagian tersebut sampai warnanya sama rata dengan permukaan tembok yang lain.

Sekian pokok pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai cara mengecat tembok dengan baik dan benar. Semoga tips-tips di atas bisa menjadi panduan Anda dalam mengecat tembok rumah Anda sendiri. Selama Mengecat !

Other Collections of Cara Mengecat Tembok dengan Baik dan Benar

alat mengecat dinding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *