Cara Tepat Membeli Sebuah Rumah

Tips membeli rumah berisi hal-hal yang perlu diperhatikan oleh setiap orang yang akan membeli sebuah rumah. Hal ini akan sangat bermanfaat terutama untuk mereka yang baru membeli rumah untuk pertama kalinya. Dalam proses pembelian rumah, akan ada banyak sekali hal baru yang akan dihadapi, yang terkadang akan cukup memusingkan, belum lagi saat akan mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) kepada sebuah bank.

Beberapa Hal dan Tips Membeli Rumah

Tips membeli rumah

Tips membeli rumah

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat akan membeli sebuah rumah adalah melakukan survey harga. Ini tentu akan berbeda dengan membangun rumah sendiri karena Anda perlu mencari tahu harga pasaran atau harga rata-rata rumah di daerah yang Anda inginkan. Dengan begini, Anda bisa melakukan perbandingan antara budget yang tersedia dengan harga rumah yang ada. Ingatlah bahwa harga rumah akan naik setiap tahunnya sehingga biaya yang dibutuhkan juga akan terus bertambah.

Setelah melakukan survey harga, sudah saatnya Anda melakukan survey rumah yang sekiranya sesuai dengan apayang Anda idam-idamkan. Dalam proses ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selain model, desain dan harga dari rumah tersebut. Salah satu tips membeli rumah yang bisa Anda ikuti disini adalah selalu mencari tahu lebih rinci mengenai keadaan rumah tersebut.

Hal ini meliputi surat-surat yang berkaitan dengan properti seperti akta tanah dan IMB, lokasi rumah berkaitan dengan kemudahan transportasi ataupun akses ke berbagai fasilitas umum, masalah keamanan lingkungan sekitar, masalah listrik dan air, serta berbagai aspek lainnya. Hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari rasa sesal di kemudian hari, terutama buat mereka yang mungkin tergoda untuk membeli rumah hanya berdasarkan desain dari rumah itu sendiri.

Tips membeli rumah lainnya yang bisa Anda ikuti adalah persiapan KPR. Sebagian besar orang membeli rumah dengan menggunakan sistem ini dan hanya sebagian kecil yang membeli rumah secara tunai. Prosesnya untuk mendapatkan KPR memang sedikit rumit karena ada begitu banyak dokumen yang harus disediakan oleh calon pembeli rumah.Selain itu, ada berbagai hal lain yang perlu dihadapi oleh para pengaju KPR mulai dari survey dari pihak bank untuk rumah yang akan dibeli serta berbagai biaya tambahan yang harus disiapkan yang meliputi biaya pajak penjual dan pembeli, biaya notaris, biaya balik nama dan berbagai biaya lain yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan.

Ada baiknya buat Anda yang akan mengajukan KPR mencari tahu segala informasi yang berkaitan dengan proses ini terlebih dahulu. Pastikan juga Anda melakukan perbandingan sistem KPR dari satu bank dengan bank yang lainnya agar Anda bisa menemukan sistem yang paling sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Salah satu tips membeli rumah lain yang perlu Anda ketahui yang masih erat kaitannya dengan pengajuan KPR adalah mengenai persiapan biaya. Pada umumnya sebuah bank hanya akan memberikan pinjaman sebesar 80% dari harga rumah itu sendiri, sementara sisanya harus dibayar tunai oleh sang pembeli sebagai uang muka.

Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda sudah memiliki budget setidaknya untuk membayar 20 hingga 30% dari harga rumah itu. Anda perlu banyak menabung untuk berbagai biaya tambahan lainnya misalnya saja biaya renovasi ataupun mungkin biaya untuk membeli perlengkapan dan perabot rumah tangga. Satu hal lagi, pastikan Anda selalu membaca segala sesuatu yang berhubungan dengan proses jual beli rumah ataupun mengenai dokumen kepemilikan rumah, agar Anda tahu dengan pasti apa yang akan Anda dapatkan dan tidak menyesal di kemudian hari.

Other Collections of Cara Tepat Membeli Sebuah Rumah

Tips membeli rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *