Fungsi material dinding rumah Sebaiknya Anda Tahu

Pada sebuah bangunan, dinding rumah juga dapat memiliki fungsi struktural untuk menahan dan menyalurkan beban. Bangunan benteng dan rumah tinggal yang dibangun pada masa kolonial masih banyak yang menjadikan dinding rumah sebagai bentuk struktur utamanya. Saat ini, meskipun bangunan rumah umumnya menggunakan struktur rangka yang mengandalkan kolom sebagai penahan beban, namun adakalanya dinding rumah difungsikan sebagai penahan beban. Hal ini dapat ditemui pada ruangan yang lebih rendah dari permukaan tanah, yaitu dinding dijadikan elemen struktural untuk menahan tanah agar tidak terjadi longsor.

Dinding rumah tak sekedar sebagai pembatas ruang

Fungsi Dinding Rumah Meskipun fungsi dinding rumah identik sebagai pembatas ruang, namun kehadiran dinding memiliki nilai yang lebih dari sekedar membatasi ruang. Sebagai batas ruang yang berupa bidang vertikal, dinding memiliki fungsi untuk melindungi penghuni didalamnya dari sengatan terik matahari, terpaan angin, dan derasnya guyuran air hujan. Karena itulah dinding bangunan biasanya dibuat dari material yang memiliki daya tahan terhadap perubahan suhu dan biasanya diberi pelapis agar lebih tahan terhadap rembesan air.

Jenis Pemilihan material dinding rumah

Dinding rumah batu alam

Adakalanya dinding rumah dilapisi lagi dengan material lain seperti batu alam

dinding rumah dari kayu ulin dan kayu jati

Dinding rumah dengan menggunakan jenis kayu yang memiliki kelas kuat dan kelas awet yang baik, seperti kayu ulin ataupun kayu jati.

Material dinding rumah yang paling banyak ditemui adalah dinding batu bata yang dilapisi semen dan diberi cat. Adakalanya dinding dilapisi lagi dengan material lain seperti batu alam. Sementara jika dipilih bahan kayu sebagai dinding rumah , dapat dipilih jenis kayu yang memiliki kelas kuat dan kelas awet yang baik, seperti kayu ulin ataupun kayu jati. Namun, jika dinding hanya ditujukan sebagai pemisah antar ruang yang berbeda didalam ruang, material yang dipilih tidak harus memenuhi persyaratan tersebut. Papan kayu, gipsum, multiplek, bahkan kain dapat digunakan untuk keperluan ini.

Pertimbangan dalam pemilihan material dinding dan pelapisnya sering kali melibatkan faktor estetika. Umumnya, selain kuat dan awet, pengguna juga menginginkan dinding terlihat indah agar bangunannya juga terlihat lebih menarik.

Other Collections of Fungsi material dinding rumah Sebaiknya Anda Tahu

Fungsi Dinding Rumahdinding rumah batu alamdinding rumah papan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *