Tips Bangun Rumah Biaya Murah

Kebutuhan akan hunian tempat tinggal meningkat pesat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Terutama keperluan membangun rumah murah. Tak bisa dipungkiri hal ini terjadi karena aspek ekonomi pula. Harga bahan material semakin meningkat tajam. Lahan untuk membuat hunian terbatas. Tapi permintaan meningkat, sehingga harga rumah pun melonjak. Harga rumah menjadi mahal. Hanya segelintir orang yang memiliki tingkat ekonomi berkecukupan yang bisa membeli. Sisanya biasanya harus menabung atau menyicil dulu sekian lama.Properti alternatif seperti apartemen juga jadi pilihan. Bisa pula alternatif lainnya yaitu mengontrak rumah.

membangun rumah murahPara pengembang perumahan pun memiliki trik tersendiri untuk mensiasati harga rumah yang makin mahal. Terutama agar produknya laku di pasaran. Rumah dengan desain tertentu menjadi incaran seperti rumah desain minimalis dan sebagainya. Meski harga rumah ingin ditekan dengan membangun rumah yang terjangkau, kualitas tidak boleh diabaikan begitu saja.

Sebenarnya ada dua pilihan yang bisa diambil agar bisa memiliki rumah murah. Pertama mencoba mencari desain rumah yang cocok dengan bujet yang dimiliki. Kedua bisa mencari lahan di daerah-daerah yang kurang diminati atau dipadati penduduk. Walaupun untuk kota-kota besar agaknya sulit mencari wilayah yang harga tanahnya masih tergolong murah.

Tips Bangun Rumah Biaya Murah

  1. Perhatikan Desain yang dipilih
    Coba kita cek pilihan pertama untuk membangun rumah murah, yaitu desain rumah yang minimalis. Jika sudah ditentukan desain rumahnya seperti apa, seperti rumah minimalis, maka penghitungan bujet untuk biayanya juga mudah. Bujet untuk rumah berbiaya murah tentu harus ditekan sedemikian rupa agar hemat. Maka pemilihan bahan-bahan pembuatan rumah harus dicermati. Misalnya memilih memakai batu bata ringan dibandingkan mengunakan batu bata merah yang umum di pasaran.
  2. Bahan Bangunan
    Ada banyak kelebihan jika memilih bahan bangunan yang murah. Contohnya batu bata ringan selain harganya terjangkau, kualitasnya tak kalah dengan batu bata konvensional. Apalagi ukurannya tergolong besar sehingga menghemat pembangunan rumah. Begitu pula dengan pemilihan bahan lainnya bisa coba cek harga dulu sebelum membangun rumah murah.
  3. Waktu Pembangunan Rumah
    Kemudian tips berikutnya yaitu mulai memilih waktu pembangunan rumah yang paling ideal. Kalau bisa jangan memilih waktu-waktu dikala harga bahan bangunan naik misalnya ketika inflasi. Meski tak mudah, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak pemborong atau kontraktor. Tips lainnya yang berkaitan dengan pemborong atau pihak pembangun rumah, pilihlah yang terpercaya dengan harga bersahabat. Jika Anda membeli rumah di kompleks perumahan bisa juga menekan harga rumah dengan mempersiapkan bujet untuk biaya tak terduga seperti pajak dan sebagainya di awal.
  4. Lahan atau Lokasi
    Selain itu pilihan kedua adalah mencoba mencari lahan yang harga tanahnya tak terlalu mahal. Biasanya lahan itu tersedia agak jauh di luar kota. Tapi pastikan pemilihan fasilitasnya juga harus mendukung sehingga ketika membangun rumah murah tak sia-sia. Misalnya ada toko bahan bangunan di daerah sana yang bisa mengantar ke lahan pembangunan rumah. Jika menemukan lahan tersebut, Anda bisa langsung menyusun rencana membuat rumah. Seperti menentukan desain rumahnya, interior dalam, bahan bangunan dan sebagainya.
  5. Biaya
    Tips terakhir untuk pembangunan rumah ideal tapi bujetnya murah adalah memahami betul apa kebutuhan anggota penghuni rumahnya kelak. Anda harus bisa mengukur dan menentukan ruangan apa saja yang harus ada di rumah itu. Jangan sampai karena ingin menyenangkan hati anak, Anda membangun ruangan yang sia-sia atau belum diperlukan. Kebutuhan harus didahulukan, bukan keinginan semata.

Jadi rumah dengan bujet murah tetap harus nyaman ditinggali, walaupun banyak yang harus dibatasi. Rumah murah juga berkualitas agar tahan lama bangunannya.

Other Collections of Tips Bangun Rumah Biaya Murah

membangun rumah murah
2 Comments
  1. 9 months ago
    Andika

    Rata2 semua menyangkut masalah biaya ya min.. asal jangan sampe modal yang keluar banyak tapi hasilnya gak sesuai harapan aja,, thanks tipsnya min..

    Reply
    • 9 months ago
      admin

      iya .. makanya harus di manajemen dengan baik
      dan jangan buru buru hehehe

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *